Pengenalan dasar
Interaksi manusia dan Komputer
“HCI
is about designing computer systems that suport people so that, they can
carry out their activities, productively & safety” –
jenny preese. Interaksi
manusia
dan Komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung/membantu
manusia,.
It is commonly used interchangeably
with term such as “man-machine interaction” (MMI), HCI is the
study of the interaction between humans and computers.
Human Computer Interaction = Interaksi
Manusia dan komputer, yang secara umum
adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan
komputer. Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi; yang beragam
cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa
yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang
diciptakan oleh manusia itu sendiri.
Bagaimana manusia dapat berdialog
/interaksi dengan suatu komputer (benda) ? Bagaimana manusia dapat
menciptakan suatu dialog yang dapat dimengerti oleh komputer demikian
juga sebaliknya
Komponen Interaksi Manusia dengan Komputer
a.
USER
Pengguna secara individu, suatu group dari pengguna yang bekerja
sama, atau sekelompok pengguna dalam organisasi; dimana masing-masing
berhubungan dengan bagian sama dari suatu kerjaan atau proses.
Pengguna berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan
bantuan teknologi (komputer)
b.
KOMPUTER
Komputer adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengontrol suatu
proses atau sebuah sistem; Jenisnya dapat berupa komputer yang
berskala kecil /desktop sampai keskala besar seperti komputer super.
Komputer dapat juga berupa suatu teknologi yang dapat ditempelkan/
dicangkokkan (embedded system) ke suatu benda.
c.
INTERAKSI
Setiap komunikasi antara pengguna (user) dengan komputer, secara
langsung maupun tidak langsung; Interaksi tersebut melibatkan suatu
dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan kontrol hasil
kinerja dari suatu kerja; Interaksi yang yang bagus antar pengguna
dengan pemberi dapat memberikan suatu kemudahan dalam melakukan
pekerjaan sehingga dapat menghasilkan suatu hasil yang diinginkan
tepat waktu
d. HUMAN –
MANUSIA
Pengguna/ User
Salah satu yang
membuat rancangan system komputer itu ada
Pengguna yang
seharusnya menjadi prioritas Utama
Brainware:
orang yang menggunakan kemampuan logikanya untuk bekerja dengan
computer
Ada hal-hal yang harus diperhitungkan dalam merancang suatu interaksi
bagi seseorang, dimana kita perlu mengetahui kapasitas dan
keterbatasan dari seseorang tersebut. Kita perlu mengetahui apakah
ada sesuatu yang membuat manusia mendapatkan kesukaran atau kelebihan
beban, pada saat melakukan pekerjaan yang menggunakan teknologi
seperti computer, diantaranya penggunaan saluran input dan ouput pada
manusia, saluran ini yang dipakai oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan sesama, oleh karena itu kita perlu mengetahui dan mengenal
saluran-saluran tersebut
Manusia
mempunyai saluran input dan ouput untuk mendapatkan informasi maupun
memberikan informasi kepada manusia lain, dengan kata lain manusia
mempunyai saluran input-output untuk berkomunikasi
Saluran INPUT -
OUTPUT pada Manusia
Manusia sangat
terbatas pada kapasitas yang mereka punyai untuk memproses suatu
informasi. Hal ini sangat penting sebagai faktor utama dalam
merancang suatu interaksi.
Informasi
diterima dan dibalas melalui beberapa saluran input dan output yang
ada pada diri manusia.
Ada beberapa
saluran input pada manusia; vision, hearing, taste, smell, touch
Dari saluran
saluran ini mempunyai dampak pada rancangan interaksi yang kita
buat, mulai dari layar monitor sampai ke perangkat lain untuk
mempermudah manusia dalam berkomunikasi dengan computer
Interpreting the signal
Bagaimana manusia dapat mengartikan
suatu komunikasi sehingga dapat menjadikannya sebagai suatu informasi
yang berguna untuk manusia itu sendiri.
Ada
beberapa contoh manusia menterjemahkan suatu masuk-an menjadi suatu
informasi yang dapat diproses lebih lanjut, misalnya:
· Size and depth
visual
angle indicates how much of view object occupies (relates to size and
distance from eye) visual acuity is ability to perceive detail
(limited) familiar objects perceived as constant size (in spite of
changes in visual angle when far away) cues like overlapping help
perception of size and depth
· Brightness
subjective
reaction to levels of light affected by luminance of object measured
by just noticeable difference visual acuity increases with luminance
as does flicker
· Colour
made
up of hue, intensity, saturation cones sensitive to colour
wavelengths
blue acuity is
lowest 8% males and 1% females colour blind
INPUT DEVICE pada manusia
Visual channel
– vision – eye/mata
Visual
perception – penglihatan
Perceiving
brightness – pencahayaan
Perceiving
colour – warna
Kemampuan dan
keterbatasan dari “visual processing”
Membaca 250
kata/ menit, character 9-12 point
Use visual feedback
and visual means for attracting attention when:
The
information is long and complex
The
information will be referred to later
For alerts and
warnings which do not need the user’s immediate attention
The user’s
aural system is already overburdened
The user is
not moving about
A verbal
respone is not needed
Illumination
is good
Auditory
channel – hearing – ear/telinga _ 20 Hz – 20 KHz
sound is a good way of attracting
attention since people respond more quickly to auditory signals than
to visual signals
Use the sound for feedback and
attracting attention when:
The information
is short and simple
The information
will not be referred to later
For alerts and
warnings when an immediate respone is needed
The visual
system is already overburdened
The user is
moving about from place to place
A verbal
respone is needed
Poor
illumination makes vision unreliable
Seseorang akan berinteraksi dengan dunia luar/lingkungan dapat
terjadi melalui informasi yang diterima dan dikirim; input dan outpu
Dalam suatu interaksi dengan komputer
pengguna menerima informasi yaitu berupa output yang dikeluarkan oleh
komputer dan dikirim kembali (dibalas) dengan memberikan masukan
-input kepada komputer, Output dari pengguna merupakan input bagi
komputer demikian juga sebaliknya.
THE
MULTI STORE MODEL OF MEMORY (HUMAN)
Penyimpanan
informasi pada manusia
Sensory Memory
Store
Menyimpan
suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat (a few tenths
of a second)
Iconic –
visual
Echoic
–sound/voice
Haptic –
touch
Short-Term
(working) Memory store
Menahan
informasi secara terbatas untuk suatu periode waktu/pendek (afew
second).
Pengambilan
informasi secara sementara
Selama ini ku hanya jalani sesuai dgn bimbingan dan pertolongan Tuhan saya bisah melakukan apa saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar