Rabu, 22 Mei 2013

Pengenalan dasar Interaksi manusia dan Komputer

Pengenalan dasar Interaksi manusia dan Komputer

“HCI is about designing computer systems that suport people so that, they can carry out their activities, productively & safety” – jenny preese. Interaksi

manusia dan Komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung/membantu manusia,.

It is commonly used interchangeably with term such as “man-machine interaction” (MMI), HCI is the study of the interaction between humans and computers.

Human Computer Interaction = Interaksi

Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer. Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi; yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Bagaimana manusia dapat berdialog /interaksi dengan suatu komputer (benda) ? Bagaimana manusia dapat menciptakan suatu dialog yang dapat dimengerti oleh komputer demikian juga sebaliknya

Komponen Interaksi Manusia dengan Komputer

a. USER

Pengguna secara individu, suatu group dari pengguna yang bekerja sama, atau sekelompok pengguna dalam organisasi; dimana masing-masing berhubungan dengan bagian sama dari suatu kerjaan atau proses. Pengguna berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bantuan teknologi (komputer)

b. KOMPUTER

Komputer adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengontrol suatu proses atau sebuah sistem; Jenisnya dapat berupa komputer yang berskala kecil /desktop sampai keskala besar seperti komputer super. Komputer dapat juga berupa suatu teknologi yang dapat ditempelkan/ dicangkokkan (embedded system) ke suatu benda.

c. INTERAKSI

Setiap komunikasi antara pengguna (user) dengan komputer, secara langsung maupun tidak langsung; Interaksi tersebut melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja; Interaksi yang yang bagus antar pengguna dengan pemberi dapat memberikan suatu kemudahan dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat menghasilkan suatu hasil yang diinginkan tepat waktu

d. HUMAN – MANUSIA

  • Pengguna/ User

  • Salah satu yang membuat rancangan system komputer itu ada

  • Pengguna yang seharusnya menjadi prioritas Utama

  • Brainware: orang yang menggunakan kemampuan logikanya untuk bekerja dengan computer

Ada hal-hal yang harus diperhitungkan dalam merancang suatu interaksi bagi seseorang, dimana kita perlu mengetahui kapasitas dan keterbatasan dari seseorang tersebut. Kita perlu mengetahui apakah ada sesuatu yang membuat manusia mendapatkan kesukaran atau kelebihan beban, pada saat melakukan pekerjaan yang menggunakan teknologi seperti computer, diantaranya penggunaan saluran input dan ouput pada manusia, saluran ini yang dipakai oleh manusia untuk berkomunikasi dengan sesama, oleh karena itu kita perlu mengetahui dan mengenal saluran-saluran tersebut

Manusia mempunyai saluran input dan ouput untuk mendapatkan informasi maupun memberikan informasi kepada manusia lain, dengan kata lain manusia mempunyai saluran input-output untuk berkomunikasi

Saluran INPUT - OUTPUT pada Manusia

  • Manusia sangat terbatas pada kapasitas yang mereka punyai untuk memproses suatu informasi. Hal ini sangat penting sebagai faktor utama dalam merancang suatu interaksi.

  • Informasi diterima dan dibalas melalui beberapa saluran input dan output yang ada pada diri manusia.

  • Ada beberapa saluran input pada manusia; vision, hearing, taste, smell, touch

  • Dari saluran saluran ini mempunyai dampak pada rancangan interaksi yang kita buat, mulai dari layar monitor sampai ke perangkat lain untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi dengan computer

Interpreting the signal

Bagaimana manusia dapat mengartikan suatu komunikasi sehingga dapat menjadikannya sebagai suatu informasi yang berguna untuk manusia itu sendiri.

Ada beberapa contoh manusia menterjemahkan suatu masuk-an menjadi suatu informasi yang dapat diproses lebih lanjut, misalnya:

· Size and depth

visual angle indicates how much of view object occupies (relates to size and distance from eye) visual acuity is ability to perceive detail (limited) familiar objects perceived as constant size (in spite of changes in visual angle when far away) cues like overlapping help perception of size and depth

· Brightness

subjective reaction to levels of light affected by luminance of object measured by just noticeable difference visual acuity increases with luminance as does flicker

· Colour

made up of hue, intensity, saturation cones sensitive to colour wavelengths

blue acuity is lowest 8% males and 1% females colour blind

INPUT DEVICE pada manusia

  • Visual channel – vision – eye/mata

  • Visual perception – penglihatan

  • Perceiving brightness – pencahayaan

  • Perceiving colour – warna

  • Kemampuan dan keterbatasan dari “visual processing”

  • Membaca 250 kata/ menit, character 9-12 point

Use visual feedback and visual means for attracting attention when:

    • The information is long and complex

    • The information will be referred to later

    • For alerts and warnings which do not need the user’s immediate attention

    • The user’s aural system is already overburdened

    • The user is not moving about

    • A verbal respone is not needed

    • Illumination is good

      • Auditory channel – hearing – ear/telinga _ 20 Hz – 20 KHz

sound is a good way of attracting attention since people respond more quickly to auditory signals than to visual signals

Use the sound for feedback and attracting attention when:

  • The information is short and simple

  • The information will not be referred to later

  • For alerts and warnings when an immediate respone is needed

  • The visual system is already overburdened

  • The user is moving about from place to place

  • A verbal respone is needed

  • Poor illumination makes vision unreliable

Seseorang akan berinteraksi dengan dunia luar/lingkungan dapat terjadi melalui informasi yang diterima dan dikirim; input dan outpu

Dalam suatu interaksi dengan komputer pengguna menerima informasi yaitu berupa output yang dikeluarkan oleh komputer dan dikirim kembali (dibalas) dengan memberikan masukan -input kepada komputer, Output dari pengguna merupakan input bagi komputer demikian juga sebaliknya.

THE MULTI STORE MODEL OF MEMORY (HUMAN)

Penyimpanan informasi pada manusia

Sensory Memory Store

Menyimpan suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat (a few tenths

of a second)

  • Iconic – visual

  • Echoic –sound/voice

  • Haptic – touch

Short-Term (working) Memory store

  • Menahan informasi secara terbatas untuk suatu periode waktu/pendek (afew second).

  • Pengambilan informasi secara sementara



0 komentar:

Komentar Terakhir

Hot Models

Berita Nasional

Labels

Gabung Nyuk...!

Twitter Updates

    follow me on Twitter

    Top Nav menu

    Buku Tamu

    Daftar Blog Saya

    Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all